Tingkatkan Layanan Transportasi, Pemkab Simalungun Kembali Launching UPBKB

Ditandai dengan pengguntingan pita, Bupati Simalungun diwakili Wakil Bupati H Zonny Waldi melakukan launching Unit Pelayanan Berkala Kendaraan Bermotor di Jalan Asahan KM 6, Kecamatan Siantar, Simalungun, Sumut, Kamis (15/6/2023).

topmetro.news – Ditandai dengan pengguntingan pita, Bupati Simalungun diwakili Wakil Bupati H Zonny Waldi melakukan launching UPBKB (Unit Pelayanan Berkala Kendaraan Bermotor) di Jalan Asahan KM 6, Kecamatan Siantar, Simalungun, Sumut, Kamis (15/6/2023).

Dalam sambutannya Wakil Bupati menyampaikan, pembukaan Unit Pelayanan Berkala ini dalam rangka peningkatan pelayanan, khususnya pelayanan transportasi darat. Sekaligus mewujudkan visi Bupati dan Wakil Bupati Simalungun ‘Rakyat Harus Sejahtera’.

“Layani masyarakat dengan sepenuh hati, transparan dan tidak melenceng dari aturan yang ada. Lakukan pendataan terhadap kendaraan yang harus uji kelayakan ini,” kata Wakil Bupati.

Wakil Bupati berpesan kepada Organda dan pers agar memberikan informasi dan sosialisasi kepada masyarakat.

“Tolong berikan sosialisasi kepada masyarakat. Bahwa di Jalan Asahan KM 6 sudah dibuka pelayanan uji kendaraan bermotor,” imbuh Zonny Waldi kepada awak media.

Sebelumnya, Kadis Perhubungan Kabupaten Simalungun Sabar P Saragih melaporkan, dari hasil data unit pengujian, 60%-65% kendaraan yang melakukan uji kir di Simalungun.

“Dari 10.000 unit kendaraan yang wajib melakukan Kir masih sekitar 6.321 kendaraan. Dengan alasan geografis Simalungun yang sangat luas,” jelas Sabar.

Menurut Sabar, pembukaan Unit Pelayanan Pengujian di Jalan Asahan merupakan langkah strategis Pemkab Simalungun untuk melayani masyarakat melakukan uji kir kendaraannya.

Selanjutnya, Sabar menyebutkan bahwa, tiga bulan ke depan, pihaknya juga akan memberikan layanan ‘drive thru’. “Dan lagi di konsep sehingga nantinya layanan ini menjadi layanan pertama di Sumatra Utara,” ucap Sabar.

“Dinas Perhubungan Simalungun juga mengusung semboyan ‘SABAR’ (Senyum, Akuntabel, Bertanggung jawab, Amanah dan Ramah),” sebut Sabar menambahkan.

Kegiatan Pemkab

Dalam kesempatan itu, Ketua DPRD Timbul Jaya Sibarani menyampaikan ‘launching’ ini menjadi bagian dari kegiatan Pemkab Simalungun dalam menyikapi asimilasi masyarakat Simalungun.

“Diresmikannya ini mendekatkan pelayanan dan memudahkan pengusaha angkutan di Kabupaten Simalungun dan luar Simalungun untuk melakukan uji Kir kendaraannya,” kata Timbul yang juga sebagai Ketua Organda Simalungun.

Turut memberikan kata sambutan, Rian ST mewakili Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah II Sumut. Tampak hadir antara lain, Kasat Lantas AKP Haris Sihite mewakili Kapolres, Muhammad Iqbal Lubis mewakili Kajari. Kemudia, Kapten Inf Marasi G Sinaga mewakili Dandim 0207/Sml, Camat Siantar,. Serta dari PT Jasa Raharja Hotsarido Sinaga.

penulis | Agustian Tarigan

Related posts

Leave a Comment